Sosialisasi dan Deklarasi MAN 2 Tasikmalaya Mewujudkan Madrasah Sehat dan Ramah Anak


Pembukaan Sosialisasi dan Deklarasi MAN 2 Tasikmalaya atau lebih di kenal dengan MAN Cipasung untuk mewujudakan Madrasah/Sekolah Sehat dan Madrasah/Sekolah Ramah Anak atau di singkat dengan SRA ini di laksanakan pada tanggal 13 Januari 2018 tepatnya hari Sabtu di Aula PSBB (Pusat Sumber Belajar Bersama) MAN 2 Tasikmalaya.
Acara ini di hadiri dan di buka oleh Kasubag TU H. Dudu Rohman, S.Ag, M.SI. mewakili Kankemenag Kab. Tasikmalaya sekaligus Alumni MAN 2 Tasikmalaya, Kepala Madrasah Dra. Hj. Neng Ida Nurhalida, Fasilitator SRA Jawa Barat Bapak Iriansyah atau akrab di sapa Bang Ir serta di hadiri oleh Pengawas Madrasah, Komite, Guru, Staf, Karyawan dan perwakilan Siswa dan Siswi serta pengurus Kantin, perwakilan dari masyarakat serta Pedagang yang berada di lingkungan MAN 2 Tasikmalaya.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah menyampaikan bahwa SRA atau Sekolah Ramah Anak ini adalah atau disebut dengan Children Friendly School (CSF) model yaitu Model sekolah yang dikembangkan oleh UNICEF dengan menggunakan konsep ramah anak sebagai ideologi dengan menyediakan sekolah yang aman dan terlindungi, pendidik yang terlatih, sumber daya dan lingkungan belajar yang memadai. Dan Kegiatan ini merupakan program yang diarus utamakan oleh empat Kementerian diantaranya Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan dan yang mengusung terselenggaranya kegiatan ini adalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dan tujuan dari pelaksananya Sekolah Ramah Anak yaitu : 1. Terwujudnya sekolah yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik karena bebas dari kekerasan antar peserta didik maupun kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan; 2. Terbentuknya perilaku pendidik dan tenaga kependidikan yang berprespektif anak; 3. Penerapan disiplin positif yang membantu anak untuk berfikir dan bertindak benar untuk anak yang dianggap melalaikan kewajibannya bukan sanksi atau hukuman yang selama ini dilakukan; 4. Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan dalam pengambilan keputusan di sekolah.


Dan sebagai tanda Deklarasi tersebut, Pembubuhan Tanda Tangan oleh Kepala Kankemenag Kab. Tasikmalaya, Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Perwakilan dari Guru, Siswa, Alumni, Masyarakat, dan Pedagang atau Pengelola Kantin yang berada dilingkungan MAN 2 Tasikmalaya serta Fasilitator SRA (Sekolah Ramah Anak)

Setelah selesai Pembukaan Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi SRA oleh Fasilitator Sekolah Ramah anak, serta Tim UKS Jawa Barat.
Sosialisasi dan Deklarasi MAN 2 Tasikmalaya Mewujudkan Madrasah Sehat dan Ramah Anak Sosialisasi dan Deklarasi MAN 2 Tasikmalaya Mewujudkan Madrasah Sehat dan Ramah Anak Reviewed by MAN CIPASUNG TASIKMALAYA on 02.55.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gunakan Bahasa yang baik, sopan dan tidak mengandung unsur SARA.
Terimakasih

About Me

Foto saya
MAN Cipasung terletak di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, tepatnya di lingkungan Pesantren Cipasung Desa Cipakat Kecamatan Singaparna kira-kira 14 km dari Kota Tasikmalaya arah Garut. Berada pada lingkungan pesantren dengan santri dari berbagai daerah mewarnai madrasah dengan karekteristik murid yang heterogen.
Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.